KVIBES.ID, JAKARTA - Industri ini memperhatikan langkah proaktif Lotte Chilsung Beverage untuk mengakhiri kontrak sebelum rumor kencan Han So-hee muncul.
Menurut Lotte Chilsung pada tanggal 20 Maret, kontrak Han So-hee sebagai model iklan untuk merek soju "Chum-Churum" berakhir pada awal Maret setelah satu tahun beraktivitas.
Seorang pejabat perusahaan menyatakan, “Kami tidak memperbarui kontrak (dengan Han So-hee) setelah jangka waktu satu tahun berakhir. Model periklanan berikutnya masih ragu-ragu.”
Han So-hee telah menjadi wajah “Chum-Churum” sejak Maret tahun lalu. Saat itu, Lotte Chilsung menjelaskan bahwa Han So-hee terpilih menjadi model mengingat aktifnya komunikasi dengan penggemar melalui Instagram dan platform media sosial lainnya.
Dengan iklan Han So-hee untuk “Chum-Churum” tahun lalu, penjualan soju Lotte Chilsung berjumlah 404,2 miliar won, meningkat 18,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain “Chum-Churum,” penjualan “Saero,” yang diperkenalkan pada September 2022, juga berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja secara keseluruhan.
Baca Juga: Penggemar Minho SHINee mengirimkan truk protes ke SM Entertainment
Baca Juga: Netizen Membela Han So Hee Setelah Media Memberitakan NH Bank Menggantikannya Sebagai Model
Baca Juga: DAY6 Menjadi Grup Pertama Dari JYP Entertainment Yang Memiliki Seluruh Album Di Chart MelOn
Perubahan model iklan “Chum-Churum” setelah satu tahun adalah yang pertama kalinya dalam delapan tahun. Dari tahun 2016 hingga 2020, Lotte Chilsung menunjuk Suzy sebagai model “Chum-Churum” selama lima tahun berturut-turut. Dari tahun 2021 hingga 2022, Jennie BLACKPINK mengambil alih peran tersebut. Aktris dan penyanyi ternama seperti Lee Young-ae, Koo Hye-sun, Lee Hyori, HyunA, Jo In-sung, dan Shin Min-ah juga mengiklankan “Chum-Churum.”
Baru-baru ini, Han So-hee mengaku berkencan dengan aktor Ryu Jun-yeol. Agensi Han So-hee menyatakan, “Han So-hee sedang mengalami masa yang sangat sulit secara emosional karena postingan spekulatif yang sembarangan dan komentar jahat yang ditulis tentang dirinya sebagai pribadi.”
Industri menganalisis berakhirnya kontrak periklanan Lotte Chilsung sebagai pilihan strategis. Distributor memang sensitif terhadap kontroversi seputar model periklanan karena berdampak langsung pada penjualan produk.
Misalnya, pemutusan kontrak oleh pengecer seperti Musinsa dan Nepa setelah aktor Yoo Ah-in, yang menghadapi penyelidikan atas penggunaan obat-obatan terlarang, ditunjuk karena model mereka mencerminkan konteks serupa. Alachi Chicken yang menggunakan pesepakbola Lee Kang-in sebagai model juga tidak memperpanjang kontrak di tengah perselisihan di timnas Korea.
Pada akhirnya, keputusan Lotte Chilsung untuk mengakhiri kontrak Han So-hee telah meredakan sejumlah tekanan, terutama mengingat posisi canggung yang disebabkan oleh berita kencan Karina aespa, yang merupakan model iklan untuk produk baru mereka “Krush.”
Seorang pejabat industri ritel menyatakan, “Konsumen sangat tertarik dengan kehidupan pribadi para model periklanan, namun perusahaan merasa sulit untuk mengungkapkan ketidaknyamanan mereka. Tren pemendekan kontrak model periklanan baru-baru ini tidak lepas dari hal ini.”
Bagaimana menurut mu?
Kbizoom