KVIBES.ID, JAKARTA - Apa pun yang disentuh Kim Taehyung, alias V dari BTS, berubah menjadi emas, dan merek fesyen mewah CELINE mengalami "Efek V".
Pada tanggal 16 Januari, Lefty, sebuah platform pemasaran influencer untuk merek-merek terkemuka, mengungkapkan analisisnya mengenai pengaruh Taehyung sebagai duta terbaru untuk CELINE.
Lefty menganalisis aktivitas Instagram Taehyung dari 1 Maret 2023 hingga 31 Desember 2023, dan melaporkan bahwa Taehyung telah menghasilkan Earned Media Value (EMV) senilai $274 Juta untuk CELINE hanya dengan memposting 31 cerita dan postingan.
Baca Juga: Baekhyun EXO Bakal Gelar Tur Asia 2024 Bertajuk 'Lonsdaleite', EXO-L Indonesia Siap-siap!
Taehyung resmi terungkap sebagai duta terbaru CELINE melalui perilisan tiga sampulnya untuk ELLE Korea edisi April 2023 pada 16 Maret.
Sejak saat itu, pengaruh Taehyung terhadap CELINE tidak tertandingi oleh duta lainnya, dan aktivitas apa pun yang dia lakukan sehubungan dengan merek tersebut menghasilkan banyak perhatian baik online maupun offline.
Untuk CELINE sendiri, ia berhasil menghiasi 12 sampul untuk 4 majalah berbeda, dalam waktu kurang dari setahun.
Baca Juga: Jungkook BTS Cetak Pencapaian Baru dengan 'Standing Next To You'
Termasuk merek dan proyek lain, Taehyung telah muncul di 25 sampul di 7 edisi dalam waktu kurang lebih setahun sejak BTS menjalani jeda grup untuk fokus pada karier solo mereka.
Ini merupakan bukti fakta bahwa industri fesyen sedang menunggu Taehyun untuk bersolo karir, karena labelnya (BigHit Music) tidak mengizinkan proyek individu untuk BTS di masa lalu.
Bulan lalu, Lefty juga menobatkan Taehyung sebagai influencer fesyen pria #1 tahun 2023 dan peringkat ke-3 secara keseluruhan, dengan total 265 juta Earned Media Value (EMV).
Baca Juga: Fans Tuntut MBC Minta Maaf Usai Mengolok Minji NewJeans
Yang paling mengesankan, Taeyong adalah satu-satunya influencer di Top 10 yang tidak menghadiri Fashion Week atau acara mode besar pada tahun 2023, membuktikan pengaruh globalnya yang sangat besar.