KVIBES.ID, JAKARTA - Pada tanggal 1 Juli, McDonald's Jepang menerbitkan sebuah video di akun resmi X (Twitter) mereka, yang mengumumkan kolaborasi dengan girl group aespa . Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, para anggota aespa memperkenalkan berbagai produk McDonald's, termasuk produk baru McCafe.
Namun, alih-alih merayakan kesepakatan komersial terbaru aespa, penggemar, terutama dari pihak internasional, justru menunjukkan reaksi negatif.
Secara khusus, penggemar menunjukkan dugaan keterlibatan McDonald's dalam krisis yang sedang berlangsung di Palestina, karena pemilik waralaba jaringan makanan cepat saji di Israel tersebut diketahui telah menunjukkan dukungan kepada tentara Israel dengan menyumbangkan ratusan ribu makanan.
Akibatnya, fakta bahwa aespa berafiliasi dengan McDonald's telah membuat marah para penggemar, yang terus-menerus memprotes kolaborasi ini di platform media sosial seperti X (Twitter).
Faktanya, unggahan protes berisi pesan seperti “Kami TIDAK ingin AESPA atau artis mana pun berasosiasi atau mempromosikan STARBUCKS atau McDonald's” tersebar di berbagai platform media sosial dan mendapat ribuan like.
Sebelumnya, artis SM lainnya, NCT, juga dikecam setelah berkolaborasi dengan jaringan kedai kopi kontroversial lainnya – Starbucks. Saat itu, akun media sosial boyband tersebut (termasuk akun media sosial masing-masing anggota) kehilangan hingga 8 juta pengikut secara total.
Bagaimana menurut mu?
Sumber: kbizoom