KVIBES.ID, JAKARTA - Girl grup NewJeans mencetak rekor pertama di pasar K-pop.
"Ditto" oleh New Jeans (Minji, Hani, Daniel, Haerin, Hyein) memuncaki Melon Weekly Chart (2023.02.20 - 2023.02.26) yang diumumkan pada tanggal 27. Sejak dirilis pada 19 Desember tahun lalu, 'Ditto' telah mempertahankan posisi No.1 selama 70 hari tanpa melewatkan satu hari pun.
'Ditto' mencetak rekor selama 10 minggu berturut-turut di Melon, yang membanggakan pangsa pasar musik domestik terbesar. Ini adalah pertama kalinya sejak diluncurkannya layanan Melon pada November 2004 lalu.
Sekitar pertengahan 2000-an, pasar musik Korea menghadapi perubahan besar. Pada saat itu, pasar musik sedang menurun dengan cepat, dan kinerja chart musik menjadi ukuran kesuksesan box office yang populer. Sejak itu, ada beberapa artis populer papan atas saat itu yang disebut sebagai 'pembangkit kekuatan musik digital', namun tidak ada lagu yang mempertahankan singgasana Melon selama 10 minggu berturut-turut.
New Jeans 'Ditto' menduduki peringkat #1 di Bugs serta Melon selama 10 minggu berturut-turut. Ini juga merupakan Bucks pertama. Lagu ini layak disebut sebagai 'lagu yang sangat populer' yang harus didengarkan oleh siapa pun dari segala usia atau jenis kelamin setidaknya sekali. Tempat kedua dan ketiga di tangga lagu mingguan Melon dan Bugs juga merupakan lagu utama album single New Jeans 'OMG' dan lagu debut 'Hype boy'. Ini adalah minggu ke-6 berturut-turut lagu-lagu mereka menyapu peringkat 1 hingga 3 di tiga situs musik utama di Korea.
Lagu debut lainnya dari New Jeans, 'Attention', menduduki peringkat ke-6 di Melon dan Bugs. 'Hype boy' dan 'Attention' adalah lagu yang telah dirilis selama lebih dari 6 bulan. Namun demikian, terlihat jelas bahwa lagu ini masih bertahan di puncak tangga lagu bersama dengan lagu barunya.
Popularitas 'OMG' dan 'Ditto' juga menonjol di tangga lagu luar negeri. Kedua lagu tersebut masuk tangga lagu di tangga lagu utama Billboard AS 'Hot 100' selama 5 minggu berturut-turut tanpa promosi atau aktivitas lokal apa pun. 'OMG' menduduki peringkat ke-15 (per 23 Februari) di tangga lagu terbaru Spotify Global 'Weekly Top Song'.